ANDA yang kebetulan mengonsumsi obat penurun kolesterol sekaligus obat penata irama jantung waspadalah! Penelitian terakhir menyebutkan, interaksi antarobat ini menyebabkan kerusakan otot yang cukup parah.

Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika (Food and Drug Administration/FDA) mengatakan, para dokter sebaiknya berhati-hati saat meresepkan Zocor, dengan nama generik Zocor atau Vytorin, kepada pasien yang juga mengonsumsi amiodarone, obat untuk menormalkan irama jantung yang dijual dengan nama Cordarone atau Pacerone.

Risiko makin tinggi bila pasien mengonsumsi obat penurun kolesterol lebih dari 20 miligram setiap hari. Nama generik obat kolesterol ini Simvastatin. Cedera otot merupakan satu risiko yang bisa muncul akibat konsumsi obat golongan statin termasuk Lipitor, khususnya untuk orangtua.

Meski secara keseluruhan risikonya tidak begitu tinggi, tapi kasus ini bakal serius karena bisa menyebabkan gagal ginjal, bahkan kematian. FDA mendesak para dokter untuk mempertimbangkan penggantian obat bagi para pasien yang menggunakan obat jantung ini dengan statin jenis lain untuk mengontrol kolesterol.

Pengobatan jantung dalam hal ini untuk menormalkan irama jantung di bilik, kamar jantung yang memompa dara menuju paru-paru dan seluruh tubuh.

Peringatan awal sebenarnya ada sejak tahun 2002, tetapi setelah FDA menerima 52 laporan kasus cedera otot pasien yang menggunakan kombinasi obat ini, peringatan serius mulai diberikan.